Gerakan Kapolres Jelajah Huta: Kasium Ingatkan Kades Hindari Penyalahgunaan Anggaran

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Kasium Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Iptu Heri Sigiro, dalam gerakan Kapolres Jelajah Huta, mengingatkan Kepala Desa (Kades) agar gunakan anggaran dengan tepat sasaran.

“Selain tepat sasaran, kami himbau para Kades agar gunakan anggaran Desa yang bisa bawa kemaslahatan dan kesejahteraan masyarakatnya,” tegas Kasium di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta, Senin (19/08/2024).

Dalam acara yang berlangsung di Kantor Desa Tatengger, Kecamatan Angkola Muara Tais itu, Kasium juga mengingatkan para Kades agar jangan sampai menyelewengkan anggaran di Desa. Ia juga ingatkan Kades, agar tak menyalahgunakan kewenangannya.

“Karena selain merugikan masyarakat, perbuatan ini juga bisa berakhir ke ranah pidana. Sebab hal tersebut merupakan bagian dari tindak pidana korupsi,” Iptu Heri.

Sebelumnya, Iptu Heri mengajak ke masyarakat, untuk bersama-sama sukseskan program jihad melawan narkoba. Menurutnya, dukungan dari masyarakat menjadi motivasi bagi Polri untuk lebih giat memberantas narkoba.

“Mohon laporkan kepada kami, apabila menemukan penyalahgunaan ataupun peredaran narkoba. Sekalipun yang terlibat (narkoba) personel kami, juga laporkan. Pasti kita tindak tegas,” ucap Kasium.

Selain narkoba, dia juga menghimbau masyarakat untuk hindari perjudian. Mengingat beberapa bulan mendatang akan ada kontestasi Pilkada, pihaknya juga menghimbau masyarakat tetap jaga kedamaian dan kondusifitas.

Kasium juga menekankan pentingnya memilah informasi yang benar-benar valid di tengah derasnya kemajuan teknologi dan tahun politik belakangan ini. Jangan sampai, masyarakat terjebak dengan menyebar hoaks.

“Karena ketika kita menyebar hoaks, ujaran kebencian, isu SARA, maupun black campaign, hal ini bisa berpotensi pada kegaduhan publik. Dan bukan tidak mungkin bisa berujung ke ranah hukum,” pungkas Iptu Heri.

Komentar