Gerakan Jelajah Huta: Polres Tapsel Ajak Masyarakat Pertebal Keimanan untuk Hindari Narkoba

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kabag Log Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKP Haposan Harahap, mengatakan bahawa, sesuai UU No.35 tahun 2009, masyarakat punya hak yang sama dalam berantas narkoba.

“Masyarakat ataupun setiap warga negara, punya hak yang sama dalam berantas narkoba,” ucap Kabag Log menjawab pertanyaan masyarakat di sela gerakan Kapolres Jelajah Tapsel Huta, Jumat (13/09/2024).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Kantor Desa Sampuran, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara itu, Kabag Log mengajak masyarakat untuk pertebal keimanan agar terhindar dari bahaya atau bujuk rayu narkoba.

Menurut AKP Haposan dalam gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta itu, jika seseorang terus pertebal keimanan, maka kemungkinannya jauh lebih besar dapat terhindar dari kesempatan bertemu dengan pengedar ataupun bandar narkoba.

“Narkoba ini adalah cara-cara setan yang ingin menjerumuskan kita ke dalam neraka. Maka, benteng terakhir kita agar terhindar dari barang haram ini adalah dengan mendekatkan diri kepada Tuhan,” terang Kabag Log.

Jaga Anak dari Bahaya Narkoba

Khusus ke para orangtua, Kabag Log juga mengajak untuk saling menjaga anak-anaknya atau anggota keluarga yang lain dari bahaya narkoba. Sebab menurutnya, generasi muda adalah aset bangsa yang harus terjaga dari bahaya narkoba.

Ia melanjut, bahwa saat ini, Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, memiliki program unggulan yaitu, jihad melawan narkoba. Menurutnya, Polres Tapsel sangat konsern untuk menjaga generasi muda dari bahaya narkoba, termasuk di Kabupaten Padang Lawas Utara.

“Seperti dari Desa ke Desa saat ini lewat gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta ini,” imbuh Kabag Log.

Pihaknya berharap, kegiatan ini dapat berjalan efektif dalam pemberantasan narkoba. Karena, pemberantasan narkoba merupakan tugas bersama. Tujuannya, guna menekan dampak buruknya ke generasi penerus bangsa.

Dalam kesempatan ini, Kabag Log juga menekankan ke masyarakat supaya minimalisir terjadinya pertengkaran atau perbedaan pendapat dengan penyelesaian secara baik. Di dalam sebuah keluarga, ia meminta semua masyarakat untuk hindari KDRT yang dapat merusak masa depan anak.

Terkait judi online dan offline, dia mengingatkan bahwa hal tersebut tak akan pernah menjadikan manusia menjadi lebih baik taraf ekonominya. Justru akibat judi, secara perlahan dapat merusak keharmonisan dalam rumah tangga.

“Kami mengimbau ke masyarakat, agar meningkatkan kepatuhan berlalulintas dalam mengendarai kendaraan. Supaya, dapat meningkatkan keselamatan berkendara di jalan raya,” tutur Kabag Log.

Jangan Mudah Terprovokasi Hoaks

Menjelang Pilkada serentak 2024, dia juga mengingatkan masyarakat, agar tidak mudah terprovokasi berita hoaks, ujaran kebencian, dan black campaign. Sebab, jelang Pilkada, akan banyak berita atau informasi hoaks yang muncul.

“Untuk itu, jangan mudah percaya, apalagi terprovokasi akan hal tersebut,” pintanya.

Ia juga mengingatkan masyarakat agar jangan mudah menyebarkan berita hoaks, ujaran kebencian, black campaign, maupun isu SARA. Sebab, saat ini orang per orang sudah memiliki media sosial.

“Bijaklah dalam menggunakan media sosial. Jangan sampai, gara-gara informasi yang kita bagikan, membuat suatu perpecahan dan suasana tidak kondusif di tengah masyarakat,” tutur Kabag Log.

Ia mengajak ke masyarakat, supaya tetap menjaga Kamtibmas yang aman, damai, dan kondusif jelang Pilkada ini. Jauhi berbagai konflik yang dapat memicu kegaduhan. Perbedaan dalam pilihan dan pendapat, katanya, ialah suatu keniscayaan.

“Namun, jadikan perbedaan pendapat itu menjadi hal yang baik untuk menuju persatuan dan kesatuan dalam bingkai Dalihan Natolu,” tutup Kabag Log.

Komentar