Gelar Tes Urine dan Gaktiblin: Kapolres Tapsel Mewujudkan Polisi Bersih dan Profesional

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Dalam rangka laksanakan titah lisan Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, jajaran Propam menggelar tes urine terhadap personel Polsek Batang Toru, Selasa (23/1/2024).

Selain tes urine, Propam Polres Tapsel juga melaksanakan titah Kapolres agar menggelar penegakan ketertiban dan kedisiplinan (Gaktiblin) bagi para personel di jajaran Polsek Batang Toru.

Sebelumnya, Senin (22/1/2024), Kapolres Tapsel me-warning setiap personel agar jangan sampai ada yang terlibat narkoba. Kapolres, juga menyoroti soal kedisiplinan maupun penampilan personel agar tetap baik.

Kasi Propam Polres Tapsel, AKP R Tri Harjanto, menjelaskan, pihaknya mengawali kegiatan dengan pemeriksaan seragam Polri (Gampol). Hasilnya, masih ada ikat pinggang atau kopel personel yang tidak sesuai.

Pihaknya, juga memeriksa berbagai kelengkapan surat data diri personel. Hasilnya, terdapat 5 personel yang tidak lengkap kelengkapannya. Begitu juga, saat pihaknya memeriksa sikap tampang personel.

“Dari pemeriksaan ini, terdapat dua personel yang berambut panjang,” ujar Kasi Propam.

Kegiatan berlanjut dengan pemeriksaan senjata api (Senpi). Dari dua personel yang pihaknya periksa, kedua surat izin Senpi mereka masih berlaku. Begitu juga dengan kondisi fisik dua Senpi personel yang masih terawat dengan baik.

“Pada pelaksanakan pegecekan Senpi inventaris dan kebersihan di penjagaan dan buku mutasi penjagaan, kami tidak temukan pelanggaran,” terang Kasi Propam.

“Terakhir, dalam gelaran tes urine secara acak ke seluruh personel Polsek Batang Toru. Kami, tidak ada menemukan personel yang melanggar (positif narkoba-red),” imbuhnya.

Terhadap personel yang melanggar, pihaknya memangkas rambut yang panjang. Adapun tindakan disiplin fisik yang diambil, yaitu push up 20 kali. Serta, menegur secara lisan dan memberi tindakan disiplin lainnya.

Jangan Ada yang Bekingi Pengedar Narkoba
Kasi Propam menjelaskan, pihaknya juga memberi arahan ke personel agar jangan sampai ada yang coba-coba mem-Bekingi pengedar narkoba dalam bentuk apapun.

“Baik itu, untuk kepentingan pribadi, golongan, atau pihak lain. Serta, jangan sampai personel ikut-ikutan menyahlagunakan narkoba. Pasti akan kita tindak tegas,” tutup Kasi Propam.

Sebelum pemeriksaan berlangsung, Kapolsek Batang Toru, AKP Recky Nelson Tarigan, memimpin Apel di hadapan para personel.

Komentar