Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Toba, Kapolres Tapsel : Gelorakan Deklarasi Pemilu Damai

TAPANULI SELATAN – Saat memimpin Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Toba 2023-2024, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Imam Zamroni, SIK, MH, mengajak semua pihak untuk gelorakan deklarasi Pemilu damai.

Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, saat sematkan pita tanda Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024 ke personel pengamanan Pemilu
Sematkan : Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, saat sematkan pita tanda Operasi Mantap Brata Toba 2023-2024 ke personel pengamanan Pemilu. (Foto : Dok Humas Polres Tapsel)

Tentunya, kata Kapolres, masih saat memberi amanat pada Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Toba 2023-2024, ajakan menggelorakan deklarasi damai itu juga harus ikut sertakan elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu di wilayah hukum Polres Tapsel.

“Susun rencana pengamanan secara detil. Serta, laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan. Apalagi, dalam menghadapi kontijensi,” terang Kapolres kepada peserta Apel yang berlangsung di Halaman Markas Polres Tapsel di Desa Dano Situmba, Sipirok, Selasa (17/10/2023) pagi.

Bila terjadi peristiwa pidana saat pelaksanaan Pemilu, Kapolres minta jajarannya agar menegakkan hukum secara profesional dan proporsional. Baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggarakan melalui Sentra Gakkumdu atau pun potensi pelanggaran hukum lainnya.

“Hal ini, guna menjaga stabilitas Kamtibmas agar tetap kondusif,” imbuh Kapolres.

Perkuat Sinergitas TNI dan Polri

Kapolres juga berpesan, agar perkuat soliditas maupun sinergitas TNI dan Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, damai, dan lancar. Kapolres juga menekankan untuk menjaga netralitas Polri dan TNI. Serta segala sesuatu yang menciderai netralitas TNI dan Polri selama tahapan Pemilu.

“Kemudian, ke depankan langkah pro aktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang. Untuk selanjutnya, pelaksanaan upaya pengamanan sejak dini,” urai Kapolres.

Lalu, kata Kapolres, dorong seluruh elemen penyelenggara dan pengawas Pemilu untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab sesuai peraturan yang berlaku. Sebelumnya, Kapolres memaparkan bahwa tujuan Apel ini, adalah sebagai wujud kesiapan para personel, sarana, dan pra sarana.

Kompleksitas Kerawanan Pemilu yang Khas

Tentunya, sebelum terjun melakukan pengamanan. Sebab, Pemilu 2024 memiliki kompleksitas kerawanan yang khas. Karena, pelaksanaan Pileg dan Pilpres akan berlangsung secara serentak dengan ambang batas parlemen 20 persen.

“Operasi ini, mengedepankan sisi preemtif dan preventif. Dengan dukungan kegiatan penegak hukum, Humas, dan Banops. Harapannya, akan terwujud situasi Kamtibmas kondusif di wilayah hukum Polres Tapanuli Selatan,” pungkasnya.

Tampak hadir, Bupati Paluta, Andar Amin Harahap, SSTP, MSi. Ketua DPRD Tapsel, H Abdul Basith Dalimunthe, SH. Kajari Tapsel, Siti Holija Harahap, SH, MH. Kajari Paluta, Hartam Ediyanto, SH, MH.

Kemudian, Danyon C Sat Brimobdasu, Kompol Buala Zega, SH, MH. Asisten I Pemkab Tapsel, Hamdan Zen, SH. Pabung Kodim 0212/TS, Mayor Inf Hasbullah Pasaribu. Pasi Pers Yonif 123/RW, Lettu Inf Edi S Ritonga.

Lalu, Wadanyon C Sat Brimobdasu, AKP M Darwin Rambe, SH. General Manager Operational PT Agincourt Resources (AR), Rahmat Lubis. Para Pimpinan OPD Pemkab Tapsel dan Paluta. Serta, Pimpinan Ormas dan lainnya.

Komentar