Dikawal Polres Tapsel, Pilkades di Kabupaten Paluta Berjalan Damai

Tapanuli Selatan-Berkat pengawalan dari jajaran Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), pelaksanaan pemilihan kepala desa (Pilkades) di dua kabupaten berjalan dengan aman dan damai. Atas keseriusan Polri bersama stake holder terkait seperti, TNI, pemerintah daerah, para Tokoh, hingga masyarakat, pelaksanaan Pilkades selama 2023 di wilayah hukum Polres Tapsel berakhir dengan damai.

“(Pengamanan Pilkades) ada di wilayah Paluta (Padang Lawas Utara) dan Tapsel. Di mana di wilayah Paluta ada 115 desa (menggelar Pilkades). Dan kemarin 27 Desember sudah dilantik Cakades menjadi Kades sejumlah 116. Karena ada 1 Kades yang pergantian antar waktu (PAW),” ujar Kapolres Tapsel, AKBP Imam Zamroni, ke awak media saat konferensi pers akhir tahun 2023, Kamis (18/10/2023) sore.

Kapolres melanjut, untuk Kabupaten Tapsel ada 106 desa yang menggelar Pilkades dan semuanya berjalan dengan baik. Menurut Kapolres, peran serta awak media dan masyarakat, juga berpengaruh dalam mengawal Pilkades hingga berakhir damai. Sebagai contoh, sambung Kapolres, di Desa Sanggapati, Kecamatan Angkola Timur Tapsel.

Pihaknya, langsung lakukan pengamanan begitu mendapat informasi langsung dari awak media dan masyarakat. Sehingga, pihaknya bisa cepat bergerak ke Desa Sanggapati guna mencegah terjadinya konflik saat Pilkades berlangsung.

“Jadi (kesuksesan Pilkades) ini atas dukungan semua pihak dan stake holder yang ada seperti, sinergitas dengan TNI dan Pemda hingga mampu mengawal Pilkades di Paluta dan Tapsel,” jelasnya.

Jadi Momentum Songsong Pemilu 2024

Menurut Kapolres, keberhasilan dalam hal pengamanan Pilkades ini, menjadi awal atau momentum pihaknya menyongsong Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Sebab, ujarnya, di 2023 sudah masuk tahun politik, sehingga pihaknya harus memulai rencana antisipasi pengamanan.

“Untuk itu, kita terus membutuhkan bantuan rekan-rekan media dan juga seluruh masyarakat agar mengawal jalannya pesta demokrasi di tahun politik di 2023. Sehingga, tetap berjalan kondusif dan aman,” pungkasnya.

Tampak hadir dalam konferensi pers itu antara lain, Wakapolres Tapsel Kompol Rahman Takdir Harahap, SH. Kabag Ops Polres Tapsel AKP Marojahan Napitupulu. Kabag SDM Polres Tapsel Kompol Bumbunan Lumban Raja.

Kemudian, Kasat Reskrim Polres Tapsel AKP Paulus Robert Gorby Pembina, SIK. Kasat Lantas Polres Tapsel AKP Sofyan Helmi Nasution, SH. Kasat Resnarkoba Polres Tapsel Iptu S Sagala, SH. Dan, Kasat Samapta Polres Tapsel AKP Harun S, SH.

Komentar