Damaikan Konflik: Bhabinkamtibmas Batang Toru Berhasil Mediasi Kasus Dugaan Tidak Menyenangkan

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Kasus dugaan perbuatan tidak menyenangkan, akhirnya sukses didamaikan Bhabinkamtibmas Polsek Batang Toru, Bripka Alex Panjaitan, SH, pada Senin (24/06/2024) siang.

Kasus dugaan perbuatan tidak menyenangkan, akhirnya sukses didamaikan lewat jalur mediasi Bhabinkamtibmas Polsek Batang Toru.  Mediasi sendiri berlangsung di areal PT Bona Huta Raja.

“Persisnya di Kecamatan Muara Batang Toru, Kabupaten Tapanuli Selatan,” kata Kapolsek Batang Toru, Iptu RN Tarigan, SH, pada Selasa (25/06/2024) pagi.

Dalam mediasi ini, lanjut Kapolsek, Bhabinkamtibmas menghadirkan pelapor, Amat Matondang (58), selaku Manager PT Bona Huta Raja, warga Labuhan Batu.

“Kemudian, kami hadirkan juga terlapor, Hendri Sah Nasution (32), warga Kelurahan Huta Raja, Kecamatan Muara Batang Toru,” rinci Kapolsek.

Dugaan perbuatan tak menyenangkan ini sendiri, sebut Kapolsek, terjadi pada Jumat (14/06/2024) petang. Di mana, pelapor yang menghuni Perumahan PT Bona Huta Raja, memukul-mukul dinding Rumah.

“Ternyata, yang melakukan aksi itu menurut pelapor adalah terlapor,” ujar Kapolsek.

Tidak itu saja. Kapolsek menjelaskan bahwa menurut pelapor, terlapor juga mengeluarkan kalimat bernada sedikit mengancam kepadanya dan merusak Joglo atau Rumah hujan milik PT Bona Huta Raja.

“Atas kejadian itu, pelapor melapor ke Polsek Batang Toru guna meminta perlindungan dan menyelesaikan persoalan tersebut,” tutur Kapolsek.

Kapolsek memaparkan, setelah Bhabinkamtibmas memanggil kedua belah pihak, terungkap alasan terlapor melakukan hal tersebut. Terlapor mengaku kesal kepada pelapor karena Perusahaan memecat saudaranya atas nama Jalal (38), yang juga warga Kelurahan Huta Raja.

“Sedangkan menurut pelapor, alasan pemecatan atau pemberhentian dari saudara terlapor (Jalal-red), karena yang bersangkutan tertangkap tangan melakukan pencurian berondolan (buah sawit),” imbuh Kapolsek.

Dari sana, Bhabinkamtibmas nasehati kedua belah pihak. Dan akhirnya, kedua belah pihak telah sepakat untuk saling memaafkan dan bersalaman.

“Atas saran dan masukan dari Bhabinkamtibmas maka Perusahaan masih memberikan kesempatan kepada saudara terlapor untuk bekerja seperti biasa. Serta, untuk merubah diri dan berjanji ke depan lebih baik lagi dalam bekerja,” pungkasnya.

Komentar