Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak Hadir Tangani Masalah Parit Tersumbat

Padang Lawas Utara – Tidak hanya menjaga Kamtibmas agar aman dan kondusif, Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak, Aiptu Pasomal Siregar, bahkan hadir membangu tangani masalah parit warga yang tersumbat, Sabtu (21/1/2023) pagi.

Pagi itu, Aiptu Pasomal sedang sambang dan patroli di sekitar Desa Bolatan, Kecamatan Halongonan Timur, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta). Sewaktu menyapa warga, Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak itu mendapat laporan bahwa parit di tepi Jalan Lintas sedang tersumbat.

Tanpa pikir panjang, Aiptu Pasomal, lantas turun dari kenderaannya. Ia langsung membaur bergotong royong membersihkan sampah yang ada di dalam parit, agar aliran air kembali lancar. Meski masih memakai seragam lengkap, namun hal itu tak menyurutkan langkah Aiptu Pasomal membantu warganya.

“Rupanya, ada tumpukan sampah di dalam parit, sehingga kami bersama warga tadi gotong royong mengeruk sampahnya. Akibat tumpukan sampah itu, kata warga air kerap meluap bahkan hingga ke Halaman Rumah tetangga,” ujar Aiptu Pasomal.

Usai membersihkan parit, Aiptu Pasomal mengapresiasi tindakan terpuji warganya, yang menyelesaikan masalah dengan cara gotong royong. Meski ada salah satu pihak yang memang merugi lantaran kerap banjir jika hujan turun, namun bukan berarti hal itu lantas membuat terjadi perselisihan atau percekcokan.

“Budaya kekeluargaan dan gotong royong ini harus tetap kita pelihara. Supaya, anak cucu kita nanti akan meneruskan budaya baik seperti ini. Jika semua masalah di hadapi dengan kepala dingin, maka tidak akan terjadi yang namanya perselisihan,” kata Bhabinkamtibmas.

Terpisah, masyarakat setempat ucapkan terima kasih ke Aiptu Pasomal, Bhabinkamtibmas di Kampung itu. Menurut warga, Aiptu Pasomal kerap turun menjumpai dan menolong masyarakat.

“Makanya, kami selesaikan masalah parit tersumbat ini dengan gotong royong. Karena, Pak Bhabin selalu pesan supaya kita semua saling menjaga kerukunan antar tetangga,” sebut masyarakat.

Komentar