Berkas Dugaan Kasus UU ITE Oknum Jaksa Telah Dilimpahkan ke Kejari Tapsel

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Seorang oknum Jaksa berinisial, JAB, berikut barang bukti yang tersandung kasus dugaan Undang-undang (UU) Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE), kini sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tapanuli Selatan (Tapsel), Rabu (28/08/2024).

Artinya, pelimpahan tersangka seorang oknum Jaksa, JAB, tersebut sudah memasuki tahap II atau P21. Tersangka oknum Jaksa, JAB, berikut barang kasus dugaan pelanggaran UU ITE yang menjeratnya ini, dilimpahkan langsung Penyidik Sat Reskrim ke Kejari Tapsel

Kasi Pidum Kejari Tapsel, Daniel Tulus Marulitua Sihotang, SH, MH, bersama Jaksa Penuntut Umum (JPU), Hepni, SH, MH, menerima pelimpahan berkas perkara kasus tersebut. Tampak, Kuasa Hukum tersangka, JAB, yaitu Adi Guna, SH, MH, mendampingi kliennya dalam pelimpahan ini.

“Tersangka (JAB-red) kami sangkakan dengan Pasal 45 ayat (1) Jo Pasal 27 ayat (1) dan atau Pasal 45 ayat (4) Jo Pasal 27A UU RI No.1/2024 tentang perubahan kedua atas UU No.11/2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE),” terang Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, melalui Kasat Reskrim, Iptu Agus Purnomo, SH, MH.

2 Kali Panggilan

Sebelumnya, jajaran Sat Reskrim Polres Tapsel, resmi menahan oknum Jaksa berinisial, JAB itu, atas dugaan kasus yang tertuang dalam UU ITE. JAB, merupakan oknum Jaksa Fungsional atau ASN di Kejari Tapsel.

Pelapornya, juga seorang ASN di Kejari Tapsel berinisial, N. Sebelum menahan oknum Jaksa Fungsional yang kuat dugaan terjerat kasus ITE tersebut, Penyidik Sat Reskrim Polres Tapsel telah memanggilnya sebanyak 2 kali.

“Namun, yang bersangkutan (JAB-red) tidak hadir. Sehingga, kita lakukan upaya penjemputan (untuk proses penahanan),” terang Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, bersama Kajari, Siti Holija Harahap, SH, MH, di sela konferensi pers, pada Senin (26/08/2024) pagi.

Izin dari Kejagung RI

Selain itu, menurut Kapolres, pihaknya juga telah melakukan upaya mediasi antara korban dengan tersangka. Pihaknya, juga sudah mendapatkan izin dari Kejagung RI terkait penahanan terhadap tersangka.

“Di mana, izin dari Kejagung RI ini kami terima tertanggal 5 Juli 2024. Sehingga, setelah mendapatkan izin dari Kejagung RI, kami bisa melakukan upaya-upaya hukum,” imbuh Kapolres.

Kapolres melanjut, saat ini, proses terhadap perkara ini, juga sudah selesai di tahap pemberkasan. Dan pihaknya, juga sudah melakukan penahanan terhadap tersangka. Serta, pihaknya juga telah melimpahkan berkas perkara terkait kasus ini ke Kejari Tapsel.

Menurut Kapolres, seusai menerima laporan ini, pihaknya langsung lakukan pemeriksaan terhadap saksi korban. Kemudian, juga telah melakukan pemeriksaan juga terhadap akun-akun yang sudah menyebarkan postingan tersangka di media sosialnya.

“Sudah kita lakukan juga pemeriksaan kepada saksi-saksi dan ahli, baik bahasa maupun pidana berkoordinasi dengan berbagai pihak,” tutur Kapolres.

Kapolres juga menjelaskan, pihaknya telah melakukan upaya mediasi yang di Sat Reskrim Polres Tapsel antara kedua belah pihak. Namun, dari mediasi itu tidak menemui adanya perdamaian.

“Sehingga, kita melakukan upaya paksa dengan menjemput yang bersangkutan. Dan kita juga memanggil sebanyak 2 kali panggilan kepada yang bersangkutan, tapi tidak hadir,” urai Kapolres.

Terancam 6 Tahun Pidana Penjara

Kapolres mengaku, korban melaporkan tersangka berdasarkan laporan polisi (LP) tertanggal 25 Mei 2024 lalu. Laporan ini sekaitan dengan tindak pidana UU ITE, di mana setiap orang dengan sengaja menyiarkan, menunjukkan, mendistribusikan, dan mentransmisikan dan atau membuat dapat teraksesnya informasi elektronik atau dokumen elektronik yang mengandung muatan kesusilaan sehingga khalayak umum mengetahuinya.

Atau setiap orang yang dengan sengaja menyerang kehormatan atau nama baik orang lain dengan cara menuduh suatu hal dengan maksud supaya khalayak umum mengetahuinya dalam bentuk elektronik atau dokumen elektronik melalui sistem elektronik.

“Adapun ancaman hukumannya 6 tahun pidana penjara,” rinci Kapolres.

Menurut Kapolres, korban melaporkan kasus ini lantaran ia merasa bahwa kehormatan dan harga dirinya hancur akibat postingan-postingan tersangka di media sosial mengenai dirinya. Bahkan, akibat hal ini, orangtua korban sakit dan ia gagal menikah.

Pada intinya, sebut Kapolres, korban merasa merugi atas perbuatan dari tersangka yang kuat dugaan telah menyebarkan informasi atau berita di media sosial terkait kesusilaan.

“Adapun barang bukti yang kita sita adalah satu unit Handphone warna putih dan 15 screenshoot (tangkapan layar) postingan milik tersangka terkait korban,” ucap Kapolres.

Hati-hati Bermedia Sosial

Dalam kesempatan ini, Kapolres juga menghimbau ke seluruh masyarakat untuk berhati-hati dalam bermedia sosial. Karena, ketika bermain media sosial ada aturan, etika, dan kepatutan. Dalam bermedia sosial, seseorang harus pintar-pintar, cerdas, dan berakhlak.

“Boleh kita berbicara dan menyampaikan apapun di media sosial. Tapi ada aturan dan Undang-undang terhadap apa yang kita posting di media sosial,” jelas Kapolres.

“Karena, yang namanya jejak digital itu tak bisa terhapus atau hilang. Sebagai contoh kasus ini, yang bersangkutan sudah berupaya menghilangkan. Tapi, ketika ada yang keberatan dan mengangkatnya, maka bisa terjadi kasus hukum,” tambah Kapolres menutup.

Upaya Mediasi

Sementara itu, Kajari Tapsel, Siti Holija Harahap, membenarkan, bahwa kedua belah pihak adalah bawahannya. Dia mengaku, sudah mencoba mendamaikan dan memediasi kedua belah pihak. Pihaknya, juga sudah berupaya menegur, namun tersangka tak mengindahkannya.

Ia menegaskan, bahwa tidak ada intervensi darinya dalam perkara ini. Terkait kritikan, Kajari mengaku bahwa ia menerima kritikan, karena sifatnya masukan. Namun, jika sudah menyerang kehormatan orang lain, menurutnya itu sudah tidak tepat.

“Saya juga sebagai pimpinan, kecewa terhadap semua ini. Nanti di Kejaksaan pasti kita juga lakukan upaya Restorative Justice terhadap perkara ini,” pungkas Kajari.

Komentar