Berkah Ramadan: Kapolres Tapsel Jadi Imam Salat dan Beri Tausiyah di Masjid Raya Gunung Tua

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Sejuknya suasana Masjid Raya Gunung Tua, Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), terpancar kala AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), beri tausiyah menjelang buka puasa bersama (Bukber), Jumat (15/03/2024) petang.

Dengan kata-katanya nan lembut, menambah sejuknya suasana Masjid dengan tausiyah AKBP Yasir sehingga menambah keberkahan Bukber usai seharian berpuasa penuh. Selain memberi tausiyah, AKBP Yasir juga menjadi Imam dalam salat Magrib dan Isya berjamaah.

Dalam tausiyah singkatnya, AKBP Yasir menyampaikan ceramah terkait sedekah saat berpuasa. Di bulan suci Ramadan, umat Muslim tidak hanya memiliki kewajiban untuk menjalani ibadah puasa. Terdapat banyak amalan sunnah yang memiliki keutamaan, salah satunya sedekah.

“Rasulullah SAW dalam setiap sendi kehidupannya mencontohkan kepada kita tentang amalan utama berupa sedekah. Terutama di bulan penuh berkah yaitu Ramadan ini,” jelasnya.

Menurut AKBP Yasir, sedekah bisa berbentuk apa saja. Baik berupa materi, bahan makanan pokok, tenaga, ataupun menu berbuka puasa dan sahur. Sedekah juga merupakan ibadah yang bernilai sosial tinggi dan mulia.

“Meski demikian, Islam mengajarkan umatnya, agar bersedekah tanpa ada rasa riya’. Kita harus tetap merasakan ikhlas saat bersedekah,” ungkapnya.

Dengan sedekah pula, lanjut Kapolres, justru memperluas rezeki. Karena ibadah, bukan merupakan soal hitung-hitungan matematika. Di mana, ketika kita memberi, justru Allah SWT akan membuka pintu-pintu rezeki dari arah yang tak kita sangka-sangka.

“Untuk itu, mari kita perbanyak sedekah. Mudah-mudahan, kita semua tergolong orang-orang yang mendapat Ridho Allah SWT. Sehingga kita dapat meraih ketakwaan di hadapan Allah SWT,” tutup AKBP Yasir.

Sebelumnya, Kapolres bersama jamaah Masjid Raya Gunung Tua berbuka puasa bersama dengan penuh kehangatan. Tak tampak padanya sosok seorang pejabat. AKBP Yasir, terlihat membaur dan bercengkrama dengan semua jamaah hingga membuat suasana penuh rasa kekeluargaan.

Rangkaian Ramadan Berkah

Sebagai informasi, kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Ramadan Berkah Polres Tapsel. Sebelumnya, Kapolres Tapsel bersama jajaran, membuka Pasar Murah serta pengobatan atau pelayanan kesehatan gratis.

Selain itu, dalam program Ramadan Berkah Polres Tapsel ini juga berlangsung kegiatan pelayanan administrasi surat izin mengemudi (SIM) dan Samsat keliling oleh Sat Lantas. Kegiatan berakhir dengan Bukber serta salat Magrib, Isya, dan Tarawih berjamaah.

Tampak hadir dalam kegiatan ini, Ketua Bhayangkari Cabang Tapsel, Ny Meylinda Yasir Ahmadi. Kabag Ops Polres Tapsel, Kompol Sisworo, SH, MH. Plh Kabag SDM Polres Tapsel, AKP S Naibaho, SH. Kasat Reskrim Polres Tapsel, AKP Zulfikar, SH, MH.

Kemudian, Kasat Lantas Polres Tapsel, AKP Dahnial Saragih, SH, MH. Kasat Resnarkoba Polres Tapsel, AKP Salomo Sagala, SH. Lalu, Kasat Intelkam Polres Tapsel, AKP Hasudungan Butarbutar. Kasat Samapta Polres Tapsel, AKP Tona Simanjuntak, SH.

Selanjutnya, Kasat Binmas Polres Tapsel, AKP Daulat MZ Harahap. Kapolsek Padang Bolak, AKP Harun Manurung, SH. Ketua MUI Paluta, Ali Mukti Siregar. Serta personel dan Bhayangkari Polres Tapsel lainnya.