Antisipasi Kemacetan Jelang Operasi Ketupat Toba: Kasat Lantas Polres Tapsel Tinjau Jalur Batu Jomba dan Ajukan Perbaikan

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Jelang Operasi Ketupat Toba yang notabene menghadapi Hari Raya Idul Fitri, Kasat Lantas Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKP Dahnial Saragih, SH, MH, survey ruas Jalan rusak di Batu Jomba, Sipirok, Jumat (23/2/2024) pagi.

Kegiatan survey Jalan rusak di Batu Jomba oleh Kasat Lantas Polres Tapsel dan PT Jasa Raharja Kantor Cabang Padangsidimpuan ini, dipimpin langsung Kasubdit Kamsel Ditlantas Polda Sumut, AKBP Sah Udur Sitinjak, SIK, SH, MH.

Tim dari Balai Perhubungan Darat dan Petugas Balai Besar Perawatan Jalan Nasional Kementerian Perhubungan juga ikut menyurvei langsung titik-titik Jalan rusak di Batu Jomba. Umumnya, masih ada temuan Jalan bergelombang dan rusak di Batu Jomba.

“Di survey tadi, kami menginventarisir Jalan rusak. Untuk selanjutnya proses pengajuan perbaikan pada tahun ini,” terang Kasat.

Menurut Kasat, Jalan Lintas Batu Jomba di Desa Situmba ini, adalah akses vital masyarakat antar Kabupaten. Yakni, antara Kabupaten Tapanuli Utara dengan Tapsel atau sebaliknya.

Masyarakat yang berpergian dari Kota Medan ke Padangsidimpuan atau sebaliknya, umumnya memakai jalur ini. Jalur Batu Jomba, adalah akses primadona mengingat jarak tempuh yang relatif singkat, jika melalui jalur tersebut.

“Namun, akses ini terkendala oleh tanjakan yang begitu curam dan kondisi tanah yang bergelombang. Sehingga, acap kali pengguna Jalan khususnya kenderaan besar, kesulitan saat melalui jalur ini,” sebutnya.

Untuk itu, lanjut Kasat, Polri bersama pihak-pihak terkait lainnya hadir guna mencari solusi agar kawasan Jalan Batu Jomba lebih baik. Terkhusus saat memasuki momen libur Lebaran yang pastinya volume kenderaan akan meningkat signifikan.

“Harapan kami, akses Batu Jomba akan lebih baik saat memasuki libur Lebaran nanti, guna menghindari terjadinya kemacetan yang parah,” tukas Kasat.

Pantauan awak media, usai lakukan survey di Batu Jomba, Tim gabungan melanjutkan peninjauan secara mobile menuju Kabupaten Mandailing Natal.