Antisipasi Hoaks di Tahun Politik, Iptu Oloan: Bijaklah Memilah Informasi!

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kasat Intelkam Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Iptu Oloan Lubis, SH, mengingatkan ke segenap masyarakat bahwa, pada tahun politik seperti saat ini, informasi hoaks kian massif di media sosial (Medsos).

“Bapak ibu masyarakat sekalian, harus berhati-hati akan informasi hoaks yang kian massif pada tahun politik seperti sekarang,” pesan Kasat Intelkam saat gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta, Senin (23/09/2024).

Iptu Oloan berharap kepada semua masyarakat bisa memilah informasi, mana yang layak konsumsi atau tidak. Sebab, gara-gara informasi hoaks di tahun politik, Kasat mengkhawatirkan di Kabupaten Padang Lawas Utara, akan terjadi kegaduhan.

“Bahkan yang kita khawatirkan akan banyak masyarakat yang terjerat ujaran kebencian, black campaign, hingga perbuatan-perbuatan lain yang menjurus ke tindak pidana. Untuk itu, sekali lagi kami mengajak masyarakat agar jangan mudah terpengaruh informasi hoaks,” ajak Iptu Oloan.

Ia juga menekankan kepada segenap masyarakat bahwa, kedamaian jelang Pilkada serentak 2024 harus tetap terjaga. Maka, ia berpesan agar jangan ada yang merusaknya jika tidak ingin melanggar hukum dan berhadapan dengan penegak hukum.

Kasat menjelaskan bahwa, tujuan dari gerakan Jelajah Huta yang digagas Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, ini adalah dalam rangka cooling system jelang Pilkada dengan pendekatan humanis dan persuasif.

Di Desa Pijorkoling, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Kabupaten Padang Lawas Utara itu pula, Kasat, terlihat sukses sampaikan komunikasi dua arah. Sehingga, upaya cooling system dengan penyampaian humanis jelang Pilkada ke masyarakat ini terbilang berhasil.

Kasat juga mengingatkan masyarakat, untuk menjaga suasana Pilkada serentak 2024 nanti tetap berjalan jujur, adil, dan jauh dari politik uang. Sehingga, tercipta iklim demokrasi yang damai, sejuk, dan transparan di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Jauhi Narkoba dan Judi

Dalam kesempatan ini, Kasat juga mengajak masyarakat agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba, apalagi sampai jadi pengedar. Ia juga menghimbau masyarakat untuk jauhi perjudian.

“Saat ini, Bapak Kapolres Tapsel memiliki program jihad melawan narkoba. Kami mohon dukungan dari segenap masyarakat, untuk sukseskan program ini,” sebutnya.

“Masyarakat, bisa memberi dukungan dengan cara melaporkan ke kami, jika melihat adanya penyalahgunaan atau peredaran narkoba. Sehingga, kami bisa segera bertindak menanganinya,” tambahnya mengakhiri.

Komentar