AKP Maria Marpaung Pimpin Jelajah Huta di SDH, Fokus Pada Pemberantasan Narkoba dan Kamtibmas

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATANKapolres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, diwakili Kasi Humas, AKP Maria Marpaung, SE, MM, kembali hadir dengan gerakan Jelajah Huta, untuk jemput bola tangani persoalan Kamtibmas dari bawah.

Kali ini, Rabu (31/07/2024) AKP Maria menggelar program inovatif Jelajah Huta Kapolres untuk jemput bola tangani persoalan Kamtibmas dari bawah ini di Kantor Desa Parau Sorat Sitabo-tabo, Kecamatan Saipar Dolok Hole, Kabupaten Tapsel.

Di Kantor Desa Parau Sorat Sitabo-tabo itu, AKP Maria juga menampung berbagai aspirasi dan keluhan masyarakat seputar situasi Kamtibmas. Tak hanya itu, AKP Maria juga menyampaikan sosialisasi ke masyarakat guna menjaga keamanan jelang Pilkada.

“Tadi, kami menyerukan ke masyarakat untuk terlibat dalam program Polres Tapsel jihad melawan narkoba. Peran serta dari masyarakat, sangat kontributif dalam menghalau peredaran narkoba ini,” terang AKP Maria usai gerakan Jelajah Huta Kapolres Tapsel.

Kasi Humas juga meminta masyarakat agar jangan sungkan melapor, jika melihat adanya penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Kemudian, AKP Maria mengaku, pihaknya juga turut mengajak menjaga suasana damai jelang Pilkada.

“Mari kita jaga suasana damai, jujur, adil, dan jauh dari money politic, agar Pilkada nanti berjalan lancar. Hindari juga black campaign, penyebaran berita hoaks, dan ujaran kebencian,” ajak Kasi Humas.

Kepada perangkat Desa Parau Sorat Sitabo-tabo, Kasi Humas ingatkan, agar tetap mempergunakan anggaran dengan tepat sasaran, serta hindari korupsi. Pastikan, anggaran Desa membawa kemaslahatan bagi setiap warga yang ada di Desa.

Hindari KDRT

AKP Maria juga menghimbau setiap masyarakat, untuk menghindari aksi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Selain merupakan tindak pidana, kekerasan dalam rumah tangga, dapat berefek buruk karena bisa merusak mental dan psikis anak-anak selaku generasi penerus.

“Polri, khususnya Polres Tapsel sangat konsern terhadap perlindungan perempuan dan anak. Sebab, Undang-undang telah mengatur tentang keseriusan negara menangani perlindungan perempuan dan anak ini,” urainya.

Terakhir, Kasi Humas meghimbau setiap masyarakat, untuk tidak bermain judi, baik secara online atau offline. Sebab, judi dapat merusak, baik dari segi ekonomi maupun keluarga. Di dalam agama apapun, juga melarang yang namanya perjudian.

“Untuk itu, kami berharap, tidak ada lagi yang bermain judi, terlibat pada peredaran dan penyalahgunaan narkotika, serta berbagai penyakit masyarakat lainnya di wilayah hukum Polres Tapsel,” tandas Kasi Humas.

Sesi Tanya Jawab

Setelahnya, kegiatan berlanjut dengan sesi tanya jawab. Dalam kegiatan yang diikuti masing-masing perwakilan warga Desa Parau Sorat Sitabo-tabo ini, turut menyampaikan pertanyaan ke Kasi Humas.

Dalam kesempatan ini, masyarakat juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih ke Kapolres dan jajaran atas inisiasinya menggelar gerakan Jelajah Huta ini. Masyarakat berharap, gerakan Jelajah Huta ini, dapat menjawab persoalan seputar Kamtibmas.

Tampak hadir, Kasat Reskrim Polres Tapsel, Iptu Agus Purnomo, SH. Kapolsek Saipar Dolok Hole, Iptu M Samosir, SH. KBO Sat Lantas Polres Tapsel, Ipda Hari Agus Pohan.

Kemudian, Paur Sub Baglog Polres Tapsel, Ipda S Toto Masprianto. KBO Sat Intelkam Polres Tapsel, Ipda Agam P Harahap, dan lainnya.