Agar Lebih Aman, Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak Bantu Renovasi Pos Kamling

Padang Lawas Utara – Saat melihat warganya sedang gotong royong renovasi atau pengaktifan kembali Pos Kamling (Keamanan Lingkungan), Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak, Aiptu Pasomal Siregar, langsung bergegas turut bantu, Jumat (20/1/2023) pagi.

Kegiatan bantu masyarakat renovasi Pos Kamling tersebut berlangsung saat Bhabinkamtibmas tengah menyambangi Desa Batang Pane Baru II, Kecamatan Halongonan Timur (Haltim), Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta).

Menurut, Aiptu Pasomal, peran dari Bhabinkamtibmas tidak hanya jadi garda terdepan menciptakan Kamtibmas yang aman dan kondusif. Namun, peran Bhabinkamtibmas juga kompleks, bahkan harus membantu warga dalam setiap sendi kehidupannya.

Terkait ia yang membantu warga renovasi Pos Kamling, semula tidak ada niatan. Semuanya berlangsung secara spontan tanpa ada rencana sebelumnya. Oleh karenanya, pihaknya datang dengan suka rela untuk membantu masyarakat membangun rumahnya.

“Menurut warga, pengaktifan Pos Kamling ini sendiri, lantaran akhir-akhir ini acap kali terjadi aksi kejahatan dan intensitasnya terus meningkat. Misalnya, pencurian dengan cara membongkar rumah dan Curanmor (pencurian kenderaan bermotor),” tutur Aiptu Pasomal.

Aksi Kejahatan Marak, Bhabinkamtibmas Bantu Renovasi Pos Kamling

Oleh karena sudah sangat meresahkan, lanjut Aiptu Pasomal, maka masyarakat berinisiatif untuk mengaktifkan Pos Kamling. Nantinya, masyarakat akan bergiliran berjaga di Pos Kamling tersebut.

“Selaku pihak kepolisian, kami sangat mendukung hal ini. Agar terpelihara situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif di Desa Batang Pane Baru II. Dan kami juga menyarankan, apabila masyarakat ada mendapati gangguan Kamtibmas, segera hubungi nomor kontak kami, supaya bisa kami tangani langsung,” beber Aiptu Pasomal.

Selain itu, sebut Aiptu Pasomal, pihaknya juga berikan pesan ke masyarakat untuk saling menjaga kerukunan. Terutama saling menjaga kerukunan antar tetangga, agar hubungan tetap harmonis, sehingga suasana Kamtibmas yang kondusif tetap terjaga.

“Mudah-mudahan, apa yang kami berikan ini, dapat bermanfaat untuk masyarakat. Kami hanya bisa menolong masyarakat, sebab hal itu sudah menjadi tugas kami,” tutur Aiptu Pasomal.

Terpisah, salah satu warga yang turut gotong royong merenovasi Pos Kamling, mengucapkan terima kasih kepada Bhabinkamtibmas atas peran sertanya dalam hal membantu masyarakat. Menurut warga, budaya polisi penolong masyarakat harus tetap digalakkan.

“Kami hanya bisa ucapkan terima kasih. Semoga Tuhan, membalas kebaikan Pak Bhabin,” ucap masyarakat.

Komentar