Ipda Maraden Hutabarat: Jaga Kedamaian Jelang Pilkada dan Hindari Hoaks

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kanit I Pidum Sat Reskrim Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Ipda Maraden Hutabarat, menghimbau ke masyarakat agar jangan ada yang merusak kedamaian jelang Pilkada serentak 2024.

“Jangan ada yang merusak kedamaian jelang Pilkada ini, karena pastinya akan melanggar hukum dan akan berhadapan dengan penegak hukum,” tegas Ipda Maraden Di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta, Sabtu (30/08/2024).

Ia menjelaskan, bahwa tujuan dari gerakan Jelajah Huta yang digagas Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, ini adalah dalam rangka cooling system jelang Pilkada dengan pendekatan humanis dan persuasif.

Di Aula Kantor Desa Batang Baruar Julu, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara itu pula, Ipda Maraden, terlihat sukses sampaikan komunikasi dua arah. Sehingga, upaya cooling system dengan penyampaian humanis jelang Pilkada ke masyarakat ini terbilang berhasil.

“Kami juga mengingatkan masyarakat tentang massifnya informasi hoaks di tahun politik seperti saat ini. Kiranya, semua masyarakat bisa memilah informasi, mana yang layak konsumsi atau tidak,” ujar Ipda Maraden.

Gara-gara informasi hoaks di tahun politik, Kanit mengkhawatirkan di Kabupaten Padang Lawas Utara, akan banyak masyarakat yang terjerat ujaran kebencian, black campaign, hingga perbuatan-perbuatan lain yang menjurus ke tindak pidana.

“Untuk itu, sekali lagi kami mengajak masyarakat agar jangan mudah terpengaruh informasi hoaks,” ajak Kanit.

Kanit juga mengingatkan masyarakat, untuk menjaga suasana Pilkada serentak 2024 nanti tetap berjalan jujur, adil, dan jauh dari politik uang. Sehingga, tercipta iklim demokrasi yang damai, sejuk, dan transparan di Kabupaten Padang Lawas Utara.

Dalam kesempatan ini, Kanit juga mengajak masyarakat agar tidak terjerumus pada penyalahgunaan narkoba, apalagi sampai jadi pengedar. Ia juga menghimbau masyarakat untuk jauhi perjudian.

“Saat ini, Bapak Kapolres Tapsel memiliki program jihad melawan narkoba. Kami mohon dukungan dari segenap masyarakat, untuk sukseskan program ini,” sebutnya.

“Masyarakat, bisa memberi dukungan dengan cara melaporkan ke kami, jika melihat adanya penyalahgunaan atau peredaran narkoba. Sehingga, kami bisa segera bertindak menanganinya,” tambah Kanit.

Gunakan Anggaran Desa Tepat Sasaran

Sementara itu, Kabag Ren Polres Tapsel, Kompol Rudi Siregar, SH, yang memimpin kegiatan itu, juga mengajak para perangkat Desa, agar mempergunakan anggaran dengan tepat sasaran. Ia minta Kepala Desa tak ikut terlibat pada penyalahgunaan kewenangan.

“Apalagi, demi kepentingan pribadi dan kelompok demi Pilkada ini. Karena yang merugi nanti adalah Kepala Desa itu sendiri. Jadi, gunakan dana Desa itu untuk kepentingan masyarakat, bukan pribadi atau kelompok tertentu,” sebut Kabag Ren.

Dia mengingatkan agar masyarakat menjaga keharmonisan dalam berumah tangga. Jangan sampai terjadi KDRT yang berkaitan dengan masalah perlindungan perempuan dan anak.

“Apabila itu terjadi, tolong selesaikan dulu secara kekeluargaan. Karena, apabila itu nanti sudah saling melapor akan lebih sulit untuk menyelesaikannya,” tutupnya.

Komentar