Kapolres Tapsel Jelajah Huta, AKP Danil Saragih: Gunakan Helm dan Jaga Keselamatan untuk Hindari Korban Jiwa

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kasat Lantas Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKP Danil Saragih, SH, MH, mengingatkan ke masyarakat, bahwa banyak korban jiwa kecelakaan akibat tak pakai helm SNI.

“Banyak korban jiwa kecelakaan di jalan raya karen pengendaranya tak pakai helm, padahal helm merupakan instrumen penting menjaga organ vital kepala kita dari benturan,” kata Kasat Lantas di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta, Senin (26/08/2024).

Dalam kegiatan yang berlangsung di Desa Siunggam Tonga, Kecamatan Padang Bolak Tenggara, Kabupaten Padang Lawas Utara itu, Kasat juga memaparkan pemicu terjadinya sebuah kecelakaan lalulintas. Salah satunya, akibat kelalaian dari seorang pengendara itu sendiri.

“Banyak juga yang menjadi korban kecelakaan akibat kelalaian pengendaranya dan tak mematuhi peraturan lalulintas,” ujar Kasat.

Untuk itu, Kasat meminta agar banyaknya kasus kecelakaan akibat kelalaian ini menjadi perhatian bersama bagi semua pihak. Agar ke depan, angka korban jiwa kecelakaan ini semakin berkurang.

Kasat menjelaskan, selama 14 hari pihaknya mengadakan Operasi Patuh Toba 2024, di wilayah hukum Polres Tapsel terjadi kecelakaan sebanyak 6 kasus dengan korban jiwa 8 orang.

Kebanyakan, kata dia, korban yang meninggal dunia ini pengendara roda dua yang tidak memakai helm. Maka, Kasat menghimbau masyarakat agar berpesan ke anak dan sanak saudara agar memakai helm saat berkendara.

Kasat juga mengajak masyarakat agar lebih sadar akan keselamatan berlalulintas. Bila perlu, masyarakat menjadi salah satu pelopor tertib dalam keselamatan berlalulintas.

Sebelumnya, dalam gerakan ini, Kasat mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif jelang Pilkada 2024. Ia mengingatkan masyarakat, agar hindari menyebarkan informasi hoaks dan ujaran kebencian.

“Mari kita jaga kerukunan, kedamaian, serta persatuan dan kesatuan di antara kita. Karena sejatinya, kita semua bersaudara. Hormati segala bentuk perbedaan. Terkhusus, perbedaan pilihan jelang Pilkada,” ajak Kasat

Jihad Melawan Narkoba

Kasat juga menyampaikan program Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, terkait jihad melawan narkoba. Selain itu, ia mengaku Polri saat ini juga tengah fokus memberantas judi, baik online maupun offline.

Maka, ia menghimbau ke masyarakat agar tidak bermain-main dengan narkoba atau pun judi, karena hanya akan merusak masa depan. Tak lupa, Kanit mengajak masyarakat untuk tetap menjaga keharmonisan di dalam Rumah Tangga.

“Ke para perangkat Desa, agar kiranya menggunakan anggaran untuk kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat. Jangan gunakan untuk kepentingan pribadi, apalagi kelompok tertentu,” tegasnya.

Komentar