Polres Tapsel Fokus pada Keselamatan Lalu Lintas dan Penanggulangan Narkoba dalam Jelajah Huta

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, TAPANULI SELATAN – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kabag SDM Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), AKP Sumanto Naibaho, menjelaskan bahwa, kecelakaan lalulintas acapkali terjadi akibat pengenderanya lalai.

“Berapa banyak yang menjadi korban kecelakaan akibat pengendaranya lalai dan tak mematuhi peraturan lalulintas,” ujar Kabag SDM di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta di Kantor Desa Siamporik Dolok, Kecamatan Angkola Selatan, Senin (19/08/2024).

Untuk itu, Kabag meminta agar banyaknya kasus kecelakaan akibat kelalaian ini menjadi perhatian bersama bagi semua pihak. Agar ke depan, angka korban jiwa kecelakaan ini semakin berkurang.

Ia juga menjelaskan terkait pentingnya memakai helm SNI saat berkendara di jalan raya. Sebab, selama 14 hari pihaknya mengadakan Operasi Patuh Toba 2024, di wilayah hukum Polres Tapsel terjadi kecelakaan sebanyak 6 kasus dengan korban jiwa 8 orang.

Kebanyakan, kata dia, korban yang meninggal dunia ini pengendara roda dua yang tidak memakai helm. Maka, Kabag menghimbau masyarakat agar berpesan ke anak dan sanak saudara agar memakai helm saat berkendara.

Kabag juga mengajak masyarakat agar lebih sadar akan keselamatan berlalulintas. Bila perlu, masyarakat menjadi salah satu pelopor tertib dalam keselamatan berlalulintas.

Sebelumnya, dalam gerakan ini, Kabag mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif jelang Pilkada 2024. Ia mengingatkan masyarakat, agar hindari menyebarkan informasi hoaks dan ujaran kebencian.

“Mari kita jaga kerukunan, kedamaian, serta persatuan dan kesatuan di antara kita. Karena sejatinya, kita semua bersaudara. Hormati segala bentuk perbedaan. Terkhusus, perbedaan pilihan jelang Pilkada,” ajak Kabag.

Jihad Melawan Narkoba

Kabag juga menyampaikan program Kapolres Tapsel, AKBP Yasir Ahmadi, SIK, MH, terkait jihad lawan narkoba. Selain itu, ia mengaku Polri saat ini juga tengah fokus memberantas judi, baik online maupun offline.

Maka, ia menghimbau ke masyarakat agar tidak bermain-main dengan narkoba atau pun judi, karena hanya akan merusak masa depan. Tak lupa, Kabag mengajak masyarakat untuk tetap menjaga keharmonisan di dalam Rumah Tangga.

“Ke para perangkat Desa, agar kiranya menggunakan anggaran untuk kemaslahatan dan kemakmuran masyarakat. Jangan gunakan untuk kepentingan pribadi, apalagi kelompok tertentu,” tegasnya.

Komentar