Pilkada Damai: Polres Tapsel Selesaikan Kasus Pencemaran Nama Baik Melalui Mediasi Kekeluargaan

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, Padang Lawas Utara – Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang semakin dekat, upaya untuk menciptakan suasana damai dan kondusif terus digalakkan oleh berbagai pihak, termasuk Polsek Padang Bolak. Pada Rabu (10/7/2024), Bhabinkamtibmas Kecamatan Simangambat, AIPDA Ali Sabran, melaksanakan kegiatan penyelesaian masalah (problem solving) terkait kasus pencemaran nama baik yang terjadi di Desa Huta Baringin.

Kasus ini bermula pada Minggu (9/6/2024), ketika terjadi tindak pidana fitnah terhadap Dian Maya Sari dan Suratman, yang dituduh berselingkuh oleh Misno S., Daniati, dan Enida Harahap.

Tuduhan tersebut disebarkan kepada masyarakat luas, menyebabkan keresahan dan ketegangan di desa. Setelah dilakukan penyelidikan, tuduhan tersebut tidak dapat dibuktikan oleh para pelaku.

Dalam upaya meredakan ketegangan dan memulihkan hubungan sosial di desa, Bhabinkamtibmas AIPDA Ali Sabran, bersama Kepala Desa Huta Baringin, Halongonan Harahap, Babinsa Serda Bambang, serta tokoh agama, adat, dan masyarakat, mengadakan mediasi pada Rabu malam. Kedua belah pihak yang terlibat, termasuk korban dan pelaku, turut hadir dalam kegiatan ini.

Hasil mediasi menunjukkan bahwa kedua belah pihak sepakat untuk menempuh jalur kekeluargaan dan melakukan perdamaian. Sebagai langkah pemulihan nama baik korban, akan diadakan acara “upah-upah” pada Minggu (14/7/2024).

“Kegiatan mediasi ini berjalan dengan aman dan lancar, mencerminkan upaya bersama untuk menjaga keharmonisan dan kedamaian di tengah masyarakat menjelang Pilkada,” jelas Bhabinkamtibmas Polsek Padang Bolak AIPDA ALI SABRAN

Kegiatan ini tidak hanya menyelesaikan permasalahan pribadi tetapi juga memperkuat semangat gotong royong dan kebersamaan, yang sangat penting dalam menciptakan suasana yang kondusif selama masa Pilkada.

Komitmen Bhabinkamtibmas dan aparat desa dalam menjaga ketertiban dan keamanan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi komunitas lain dalam mengatasi konflik secara damai dan kekeluargaan.

Dengan adanya mediasi ini, diharapkan masyarakat Desa Huta Baringin dan sekitarnya dapat lebih fokus pada persiapan Pilkada yang damai, aman, dan tertib, demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

Komentar