Kapolres Jelajah Huta: Kabag SDM Ajak Warga Jaga Keamanan Jelang Pilkada

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id, PADANG LAWAS UTARA – Di sela gerakan Kapolres Jelajah Huta, Kabag SDM Polres Tapanuli Selatan (Tapsel), Kompol Sumanto Naibaho, SH, mengajak masyarakat untuk jaga kekondusifan Kamtibmas jelang Pilkada serentak 2024.

“Mari kita jaga kekondusifan Kampung kita jelang Pilkada,” ajak Kabag SDM di sela gerakan Kapolres Tapsel Jelajah Huta di Desa Sayur Matinggi Julu, Kecamatan Batang Onang, Kabupaten Padang Lawas Utara, pada Selasa (24/09/2024).

Dalam kesempatan ini, Kabag juga menekankan kepada masyarakat bahwa, berbeda pilihan merupakan hal yang biasa. Meski berbeda, masyarakat harus tetap menjaga persatuan dan kesatuan di Kabupaten Padang Lawas Utara ini.

“Persatuan di antara kita harus tetap terjaga. Karena kita bersaudara dalam bingkai Dalihan Natolu,” imbuhnya.

Ia juga mengajak segenap masyarakat untuk menjaga kerukunan maupun kedamaian selama proses Pilkada berlangsung. Kabag menjelaskan, pada 27 November nanti, masyarakat akan menggunakan hak pilihnya.

“Demi demokrasi yang baik, kami mengimbau masyarakat agar memilih tanpa ada unsur paksaan atau money politic,” harapnya.

Kabag juga mengapresiasi masyarakat, yang sejauh ini tergolong rukun dan mampu menjaga persatuan maupun kesatuan, tanpa perpecahan. Maka dari itu, harapannya ke masyarakat agar dapat terus menjaga situasi yang tenteram sesuai pedoman leluhur.

Dalam kesempatan ini, Kabag juga mengingatkan ke pemerintah Desa untuk menyalurkan anggaran secara maksimal, tanpa ada penyalahgunaan. Tujuannya, demi peningkatan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.

“Terkait pencegahan KDRT di keluarga, kami berharap masyarakat bisa menyelesaikan persoalan tersebut mulai dari tingkat keluarga dengan melibatkan sesepuh dan Tokoh-tokoh di masyarakat,” jelasnya.

Jangan Mudah Terprovokasi Hoaks

Sekaitan dengan maraknya informasi hoaks, Kabag mengajak masyarakat agar meningkatkan kesadaran diri untuk tidak mudah terprovokasi dan dapat menyaring segala hal yang kebenarannya masih belum jelas.

Kemudian, terkait permainan judi, baik online atau offline, ia mengingatkan bahwa hal tersebut tidak akan pernah memberikan kelayakan hidup. Namun yang ada malah hanya menyusahkan perekonomian rumah tangga.

“Terakhir, kami harapkan peran serta orangtua untuk membimbing keluarga agar berperilaku patuh berlalulintas dalam mengendarai kendaraan demi meningkatkan keselamatan di Jalan raya,” tutupnya.

 

Komentar