5 Minuman Antioksidan Tinggi, Ampuh Turunkan Kolesterol Jahat

Uncategorized129 Dilihat

tribratanews.restapsel.sumut.polri.go.id – Pola makan tak sehat bisa sebabkan meningkatnya kadar kolesterol jahat dalam darah. Kolesterol jahat yang berbahaya untuk kesehatan tubuh jika jumlahnya menumpuk di pembuluh darah.

Kondisi tersebut bisa menyempitkan sirkulasi darah dan risiko penyakit kardiovaskular. Kolesterol jahat dapat diturunkan dengan mengasup antioksidan, seperti yang terkandung pada minuman ini.

Dilansir dari English Jagran, Selasa (14/11/23), berikut sederet minuman kaya antioksidan yang ampuh turunkan kolesterol, antara lain:
1. Teh Hijau

Teh hijau merupakan minuman detoks yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara menyeluruh. Teh hijau dikemas dengan antioksidan yang disebut sebagai katekin.

Katekin tersebut yang akan berperan menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh dan tidak akan menurunkan kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik pada tubuh.

Selain itu, rutin mengonsumsi teh hijau di pagi hari juga bisa meredakan rematik. Manfaat tersebut telah dibuktikan oleh sebuah penelitian dalam Nutrition Journal 2020.

2. Susu Kedelai

Susu kedelai merupakan susu nabati yang bagus untuk mengatasi kolesterol tinggi. Satu cangkir susu kedelai hanya mengandung 80 kalori dan 2 gram lemak.

Food and Drug Administration (FDA) telah merekomendasikan untuk mengonsumsi 25 gram protein kedelai per hari sebagai bagian diet rendah lemak jenuh dan kolesterol.

Dengan rutin mengonsumsi susu kedelai setiap pagi, maka juga akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung. Namun, hindari tambahan gula, garam, dan lemak.

3. Jus Tomat

Tomat tak hanya bagus untuk kesehatan mata, tetapi juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Tomat dikemas dengan antioksidan yang disebut likopen.

Likopen itu lah yang akan berperan menurunkan kadar kolesterol. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat jadi jus bisa meningkatkan kandungan likopennya.

Lebih lanjut, peneliti juga mengatakan bahwa mengonsumsi 280 ml jus tomat setiap hari selama 2 bulan akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

4. Smoothie Berry

Buah berry sangat kaya akan antioksidan, mulai dari blueberry, blackberry, raspberry dan lainnya. Buah berry dapat diolah jadi smoothie untuk menurunkan kadar kolesterol.

Antioksidan yang terkandung pada buah berry adalah senyawa yang disebut anthocyanin. Ahli gizi menyarankan untuk mencampurkan 80 gram buah berry.

Kemudian dicampurkan dengan 1/2 susu rendah lemak atau kamu juga bisa menggunakan yogurt dan 1/2 cangkir air dingin.

5. Cokelat Panas

Rutinlah mengonsumsi cokelat panas untuk menurunkan kolesterol jahat. Untuk membuat ini kamu bisa menggunakan dark chocolate atau cokelat hitam.

Jenis cokelat tersebut mengandung kakao yang kaya antioksidan yang disebut sebagai flavonoid. Manfaat flavonoid untuk menurunkan kolesterol telah dibuktikan lewat studi 2015.

Peneliti menemukan bahwa minum 450 mg cokelat sebanyak 2 kali sehari selama 1 bulan akan menurunkan kadar kolesterol jahat sekaligus meningkatkan kolesterol baik.